-->

Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Menurut FIFA (1)

Peraturan Sepak Bola Lengkap Menurut FIFA


Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Menurut FIFA (1), pada tahun 1983 FIFA telah merancang aturan baku tentang sepak bola dimana sebelumnya setiap klub yang akan bermain menentukan aturannya sendiri pada hari itu juga. Untuk menyamakan persepsi dan aturan baku maka dibentuklah daftar-daftar peraturan sepak bola yang dipantau langsung oleh FIFA dan federasi domestik ( seperti FA - Football Association yang terletak di Inggris )

Fairplay Dalam Sepak Bola

Dengan banyaknya aturan maka biasanya ada saja yang bertindak diluar peraturan. Dengan adanya fairplay setidaknya menghimbau bagi pemain dan penonton baik didalam maupun luar lapangan untuk bisa menjaga tingkah laku. Sebagai contoh tindakan fairplay yang ada dilapangan :
  1. Menjunjung tinggi sportifitas di lapangan
  2. Berusaha dan berupaya untuk memenangkan pertandingan dan siap menerima kekalahan.
  3. Taat pada peraturan dalam permainan
  4. Menghormati siapapun yang terlibat dalam permainan
  5. Kepentingan sepak bola diutamakan
  6. Menjaga reputasi sepak bola
  7. Menolak segala upaya narkoba, korupsi, kekerasan, kejahatan dan tindakan rasisme
  8. Saling membantu orang lain dengan tujuan yang sama
  9. Menjunjung tinggi integritas sepak bola
  10. Bersepak bola untuk menjadikan dunia lebih baik

Pengertian dan Tujuan Permainan Sepak Bola

Pada dasarnya masing-masing team berjumlahkan sebelas orang dan bermain selama 90 menit dalam waktu normal. Permainan dibagi dua periode, masing-masing 45 menit. Tujuan dari olahraga ini adalah menyetak 'gol' ke gawang lawan. Wilayah dibagi menjadi 2 dan masing-masing team berseberangan. Masing-masing gawang dijaga oleh satu penjaga gawang. Gol terjadi apabila bola telah melewati garis gawang dari pertahanan lawan.

Lapangan Bermain

Dalam peraturan sepak bola mempunyai standart yang sudah baku. Permukaan lapangan bisa alami atau sintesis. Bentuk lapangan diharuskan persegi panjang dengan panjang 100-110 meter dan lebar 65 - 75 meter. Dibagi menjadi 3 area : Penalti area, goal area dan sepak pojok area.

Peraturan Bola Sepak

Diameter 27 inci, bulat tentunya.

Jumlah Pemain Sepak Bola 

Pemain yang bertanding di lapangan sebanyak 11 orang, hanya satu yang diperbolehkan menjaga gawang. Penjaga gawang diperbolehkan memegang bola di area kota pinalti daerah sendiri saja. Untuk liga resmi, pergantian pemain hanya diperbolehkan 3 pemain dari masing-masing tim, dan untuk pemain cadangan yang diperbolehkan untuk duduk di bangku cadangan sebanyak 7 orang.

Perlengkapan Permainan Sepak Bola

Sebagaimana telah ada dalam peraturan sepak bola, pemain harus menggunakan jersey yang seragam dengan nomer punggung dibelakangnya, celana pendek, kaos kaki, sepatu khusus bermain sepak bola dan beserta pelindung kaki. Untuk kiper diperbolehkan menggunakan sarung tangan

Wasit

Untuk menjunjung sprortifitas diharuskan ada pemimpin dilapangan yang mengatur segala sesuatu sesuai agar tetap pada koridornya. Wasit bekerjasama dengan 2 hakim garis yang membantu memberikan keputusan baik offside, pelanggaran ataupun bola keluar. Wasit bertugas untuk mencatat waktu dan bertindak tegas agar permainan berlangsung dengan fairplay.
Lebih detail baca Wasit Dalam Sepak bola
Demi menjaga sportifitas dan fairplay, wasit juga berhak memberikan peringatan dengan kartu kuning, dan kartu merah sebagai hukuman.
Lebih detail baca Peraturan Kartu Kuning & Kartu Merah Dalam Sepak bola
 Asisten Wasit / Hakim Garis

Keputusan tetap di wasit utama, tugas dari hakim garis adalah memantau bola keluar, offside, pelanggaran dan tendangan pojok. Hakim garis diberi peralatan yang bisa dilihat dari kejauhan berupa bendera dengan warna kuning dan merah.

Durasi Permainan

Dalam permainan resmi berdurasi 2 x 45 menit dengan waktu istirahat sekitar 15 menit. Tetapi jika sistem gugur / kompetisi yang mengharuskan adanya pemenang dalam permainan itu maka akan di berlakukan tambahan waktu 15 menit tiap satu babak, dalam waktu tambahan ini diberlakukan sistem silver goal atau golden goal.
Baca juga  Peraturan Golden Goal & Silver Goal Dalam Sepak bola
 Jika dalam waktu tambahan 30 menit masih belum ditentukan pemenang, maka akan diberlakukan sistem adu pinalti agar pemenang bisa ditentukan
Baca juga  Peraturan Adu Pinalti Dalam Sepak bola

Berlanjut di Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Menurut FIFA (2)

Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Menurut FIFA (1)