-->

Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Menurut FIFA (2)

Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Menurut FIFA

Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Menurut FIFA (2), Untuk menciptakan aturan sebuah permainan tidaklah mudah, FIFA bekerjasama dengan federasi lokal untuk memantau apakah semua peraturan dapat dilaksanakan dengan baik atau tidak. Seperti artikel sebelumnya yang menjelaskan tentang dasar-dasar sepak bola.
Baca Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Menurut FIFA (1)
 untuk peraturan yang dibahas kali ini lebih menjurus dalam sisi teknis.

Awal Mula Pertandingan

Biasanya wasit utama mengawali pertandingan dengan lemparan koin, setiap tim diwakilkan oleh sang kapten untuk melakukan undian koin. Pemenang berhak memilih antara sisi tempat bermain atau kick-off terlebih dahulu.

Peraturan Scoring

Sebuah tim dinyatakan mencetak gol apabila berhasil memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Pemenang ditentukan dengan banyaknya gol yang dilesakkan ke gawang oleh tiap tim, kecuali jika ada peraturan 'gol tandang'. Dimaksud disini adalah ketika bermain di kandang lawan, tim mencetak dengan selisih lebih dari 1 gol sedangkan ketika bermain di kandang sendiri dengan lawan yang sama, tim bermain dengan kondisi imbang 1 - 1 maka tim lawan akan dinyatakan kalah dengan selisih gol.

Peraturan Offside

Bagi yang baru bermain sepak bola biasanya banyak mengalami permasalahan memahami peraturan offisde dalam sepak bola. Di sepak bola ada dua elemen untuk offside, dimana mereka berada di posisi offise (pasif) atau bergerak lebih maju melakukan offside (aktif)

Posisi offside adalah pemain lebih dekat dengan gawang lawan daripada pemain bertahan lawan dan bola (tidak termasuk kiper lawan). Tetapi untuk pelanggaran offside tim memberikan umpan kepada pemain yang sedang dalam posisi offside, sehingga yang demikian ini menjadi pelanggaran.

Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Menurut FIFA


pemain lawan juga bisa menggunakan offside sebagai jebakan, dimana pemain bertahan terakhir berdiri sejajar dengan pemain penyerang lawan dan ketika tim lawan akan memberikan umpan kepada penyerang lawan, pemain bertahan terakhir maju sedikit sehingga penyerang tim lawan dalam posisi offside. Tentunya taktik ini beresiko, jika gagal maka tim lawan akan dengan mudah maju tanpa adanya penjagaan dari pemain bertahan.

Asisten wasit berperan utama dalam menentukan adanya pelanggaran offside atau tidak. Jika ada pemain aktif berada diposisi offisde kemudian menerima bola atau mengejar umpan bola dengan samar-samar maka asisten wasit mengangkat bendera menyatakan bahwa adanya pelanggaran offside.

Ada beberapa pengecualian offside yaitu tendangan gawang, berada setengah lapangan wilayah sendiri, sepak pojok dans tendangan bebas tidak langsung.

Pelanggaran dan Kelakuan Tidak Sportif

Berbagai pelanggaran banyak terjadi di lapangan, wasit berhak menentukan bahwa itu sebuah pelanggaran atau tidak. Jika terjadi pelanggaran maka akan diberikan tendangan bebas kepada tim yang dilanggar dan jika pelanggaran terjadi di area kotak pinalti maka tendangan pinalti akan dilakukan.
Baca Peraturan Tendangan Pinalti Dalam Sepak Bola

Peraturan Hukuman Pelanggaran

Jika pemain melakukan pelanggaran secara terus menerus dengan orang yang sama atau pelanggaran dinilai cukup serius wasit akan memberikan peringatan atau bahkan memberikan tindakan tegas terhadap pemain tersebut. Tindakan wasit antara lain :

1.Kartu Kuning : Diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran serius. Yang sifatnya hanya menganggu.
Baca : Peraturan Kartu Kuning Dalam Sepak Bola
2. Kartu Merah : Diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran serius yang bisa menyebabkan cidera parah atau pemain yang sama mendapatkan dua kali kartu kuning. Bisa juga dikarenakan pemain tidak menjunjung sportifitas seperti rasisme, memegang bola dengan sengaja, melakukan kekerasan, meludah dan lainnya. Pemain diharuskan keluar lapangan jika mendapatkan kartu merah
Baca : Peraturan Kartu Merah Dalam Sepak Bola
Peraturan Tendangan Bebas

 Dalam tendangan bebas, pemain lawan tidak boleh mendekat dalam radius 10 meter dari titik tendangan. Tendangan bebas akan diulang jika wasit menyatakan adanya pelanggaran. Peraturan tendangan bebas ada dua macam :
  • Tendangan bebas langsung, dimana pemain bisa langsung menendang ke arah gawang lawan. Hukuman ini ditentukan wasit karena pelanggaran yang cukup keras seperti menjatuhkan lawan, menarik jersey lawan, dsb.
  • Tendangan bebas tidak langsung, pemain hanya diperbolehkan mengumpan kepada teman terlebih dahulu. Hal ini jarang terjadi dan biasanya dikarenakan pelanggaran 'back pass' yaitu kiper memegang bola dengan tangan setelah mendapat umpan dari pemain bertahan yang seharusnya tidak diperbolehkan.
Peraturan Tendangan Pinalti

Tendangan pinalti dilakukan apabila terjadi pelanggaran dalam kotak pinalti lawan. Seorang eksekutor menjadi penendang di titik putih di dalam kotak pinalti. Kiper hanya diperbolehkan berada di garis gawang. Pemain lawan tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam kotak pinalti sebelum bola ditendang.
Baca : Peraturan Tendangan Pinalti Dalam Sepak Bola
Peraturan Lemparan Ke Dalam ( Throw In )

Throw in diberikan ketika bola sudah melewati garis lapangan. Pemain yang terakhir kali menyentuh bola, lemparan ke dalam akan diberikan kepada lawan. Lemparan dalam tidak boleh ditangkap oleh kiper dan tidak akan dianggap gol apabila langsung masuk ke gawang.

Tendangan Gawang

Jika pemain lawan terakhir menyentuh dan bola melewati garis dibelakang gawang (sisi luar gawang ) maka akan diberikan tendangan gawang.

Tendangan Pojok

Biasa juga disebut tendangan penjuru, diberikan jiga bola melewati garis gawang dan yang terakhir menyentuh adalah tim sendiri. Tendangan pojok dilakukan di area yang telah ditentukan. Pemain lawan harus berada di luar radius 10 meter dari titik tendangan. Penendang tidak boleh melakukan umpan terhadap dirinya sendiri tanpa ada sentuhan dari pemain lain. Jika ini dilakukan maka akan diberikan tendangan tidak bebas bagi tim lawan.

Demikian peraturan sepak bola lengkap menurut FIFA semoga bisa menjadikan referensi anda dalam bermain sepak bola.

Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Menurut FIFA (2)