-->

Cara Menendang Bola Melengkung

Cara Menendang Bola Melengkung


Cara Menendang Bola Melengkung, tendangan melengkung sangat dibutuhkan saat melakukan tendangan bebas ataupun sepakan pojok. Tendangan yang terukur dapat mengecoh lawan dengan salah menebak arah bola dan juga akan menyulitkan kiper dalam menangkap bola.
Baca juga : Teknik Menendang Bola Dengan Baik dan Benar
Berikut cara menendang bola agar melengkung :
  1. Letakkan bola di depan kaki yang akan menendang
  2. Mundur beberapa langkah ke belakang atau menyerong kesamping untuk mengambil ancang-ancang tendangan
  3. Lihat bagian bola yang mau ditendang, diasumsikan pemain menendang menggunakan kaki kanan. Jika ingin melengkung ke kiri tendang bola bagian kanan menggunakan kaki dalam dan jika ingin melengkung ke kanan lakukan sebaliknya. Menggunakan kaki dalam memiliki keakuratan lebih baik dari pada menggunakan kaki bagian luar.
  4. Setelah menentukan arah kemana bola akan melengkung, mulai berlari dengan kaki kanan sebagai penendang dan kaki kiri sebagai penahan. Condongkan badan sekitar 45 derajat ke arah bola.
  5. Saat menendang, letakkan kaki di sebelah bola dan angkat kaki kanan hingga kebelakang, untuk mendapat tambahan dorongan pastikan untuk memutar pinggul.
  6. Kunci bagian tubuh dan engkel kaki agar bola bisa mengarah dengan tepat
  7. Saat menendang gunakan kaki bagian dalam, tepat pada tulang disamping ibu jari kaki untuk mendapatkan lengkungan kekiri. Jika ingin melakukan tembakan ke kanan yang keras, gunakan kaki bagian luar atau jari kaki agar hasil yang optimal.
Lakukan latihan berulang-ulang, minta bantuan teman untuk menjadi pagar betis agar bisa mengontrol kekuatan tendang dan keakurasian.

Cara Menendang Bola Melengkung