-->

Pola Menyerang Permainan Sepak Bola

Pola Menyerang Permainan Sepak Bola


Pola Menyerang Permainan Sepak Bola, tujuan utama permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan. Dalam proses mencetak gol, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Bola berdiameter 27 inci harus dimasukkan ke gawang yang luasnya 110 meter x 75 meter tentunya harus memakai taktik dan strategi dalam permainan sepak bola. Inilah tugas seorang manajer atau head coach untuk meramu 11 pemain yang berada di lapangan agar bisa mencetak gol dan tidak kemasukan goal. Dibawah akan dijelaskan berbagai taktik dan strategi meliputi pola menyerang dan bertahan dalam permainan sepak bola. Taktik dan strategi dasar permainan sepak bola akan dibagi menjadi 2 pola yaitu menyerang dan bertahan.

Pola Menyerang Sepak Bola


1. Taktik Penguasaan Bola ( Ball Possession )


Penguasaan bola merupakan teknik dasar dalam permainan sepak bola. Tim menguasai bola dengan bergerak dan umpan dengan waktu yang lama. Tujuan dari penguasaan bola adalah membuat lawan frustasi dan bergerak mengejar bola sehingga membuka ruang gerak bagi tim untuk dapat menyerang ke pertahanan lawan. Dengan umpan-umpan yang tidak beresiko terlihat meremehkan sehingga membuat lawan maju untuk merebut bola dan tentunya akan menguras stamina lawan.

Jika pemain mempunyai teknik penguasaan bola yang baik, maka pola penyerangan bisa dilakukan dengan umpan pendek dengan cepat dan tanpa kesalahan. Pola ini pernah dilakukan oleh Barcelona dengan istilah nama 'tiki taka' yang dimana mengutamakan umpan pendek yang akurat dan cepat sehingga membuat bingung tim lawan.

2. Strategi Serangan Balik ( Counter Attack )


Adakalanya tim akan mendapat serangan dari tim lawan dan mengharuskan tim untuk bertahan. Tentunya tidak akan selalu bertahan. Ada waktunya untuk melakukan serangan balik kepada tim lawan.

Pola Menyerang Permainan Sepak Bola

Pola ini biasanya digunakan untuk menyerang dalam sepak bola, ketika tim lawan terus-menerus menyerang dan tim hanya bisa bertahan. Serangan balik biasanya menunggu 'timing' ketika tim lawan melakukan kesalahan, baik itu salah umpan, kontrol yang buruk dan lain sebagainya.

Pola serangan balik biasanya meninggalkan satu penyerang didepan dan didukung oleh gelandang penyerang yang jaraknya tidak terlalu jauh. Ketika pemain bertahan atau gelandang bertahan bisa mencuri bola dari tim lawan, maka akan langsung cepat diumpan baik ke gelandang serang atau langsung ke penyerang jika memang tidak terjaga.

Strategi ini cukup beresiko dan harus memiliki pola pertahanan yang solid. Pola pertahanan ini umum dalam sepak bola, biasanya manajer menggunakan formasi 4-5-1 atau 5-4-1 dengan meninggalkan satu penyerang didepan dan menempatkan empat atau lima pemain bertahan dibelakang.
Baca juga : formasi dalam permainan sepak bola

 

 3. Strategi Bola Panjang ( Long / Direct Ball )



Pola Menyerang Permainan Sepak Bola

Pola menyerang ini sedikit membosankan dan cenderung monoton. Komentator dan penonton sering mengkritik strategi seperti ini. Dengan menempatkan penyerang tunggal, pemain bertahan langsung memberikan umpan panjang atau umpan langsung berharap pemain penyerang bisa lolos dari kawalan pertahanan tim lawan dan mencetak gol. Strategi ini bersifat opurtunistik karena berpeluang berhasil dan gagal. Sehingga jika terus menerus gagal akan menyita waktu dan membosankan.

4. Strategi Memanfaatkan Lebar Lapangan




Diera 2010 an, strategi menggunakan lebar lapangan menjadi bagian penting dalam permainan sepak bola. Pola menyerang ini sangat memungkinkan untuk pemain bertahan keluar dari posisinya sehingga membuka celah kosong untuk menciptakan peluang menyerang. Alternatif pergantian pemain sayap kanan dan kiri sering dilakukan jika defender menerapkan marking terhadap pemain sayap tersebut agar tidak bergerak bebas. Umpan silang ataupun umpan langsung ke penyerang menjadi alternatif serangan dalam pola ini.

5. Strategi Memanfaatkan Bola Mati ( Set Pieces )



Sepakan dari bola mati tak jarang membuahkan gol. Strategi yang memanfaatkan bola mati baik dari tendangan bebas, lemparan kedalam dan sepakan pojok. Tim harus memiliki spesialis yang mempunyai tendangan yang akurat untuk bisa memberikan umpan yang baik atau mencetak gol langsung ke gawang lawan.

Dari pola menyerang dalam permainan sepak bola diatas, seorang manajer juga harus bisa membaca pola dari strategi lawan dan memutuskan dengan cepat dilapangan agar bisa menembus pertahanan lawan.

Pola Menyerang Permainan Sepak Bola
  1. Apakah pola 3-2-4-1.cocok d gunakan dlm pola penyerangan.

    ReplyDelete