-->

Pola Pertahanan Permainan Sepak Bola

Pola Pertahanan Permainan Sepak Bola


Pola Pertahanan Permainan Sepak Bola, tujuan utama dalam bertahan adalah menahan tim lawan agar tidak menciptakan gol. strategi ini membutuhkan kerjasama yang solid dan tanggung jawab individu terhadap tugasnya msing-masing. Dalam pola pertahanan di sepak bola hanya menerapkan dua strategi yaitu zona defence dan man to man. 
Baca juga : Pola Menyerang Dalam Permainan Sepak Bola


Pertahanan Daerah ( Zonal Defence )


Setiap pemain bertahan dan gelandang memiliki daerah masing-masing. Hal ini dibuat agar tiap-tiap pemain tidak saling berebutan sehingga memudahkan lawan untuk bergerak. Dengan adanya daerah di tiap pemain, mereka ditugaskan untuk merebut bola dan menjaga lawan. Untuk menghindari teknik dan kecepatan tim lawan, tugas tim bertahan menjaga daerahnya masing-masing dengan rapat sehingga pemain tim yang lain dapat berkonsentrasi untuk membaca arah bola dan pergerakan tim lawan lainnya.

Pola Pertahanan Permainan Sepak Bola

Dengan memanfaatkan garis lapangan sehingga bisa menciptakan garis pertahanan yang kokoh. Jika pemain bertahan melakukan komunikasi yang tepat antar pemain, mereka bisa membuat jebakan offside jika dilakukan dengan tepat. Pemain bertahan bisa saja menjaga satu per satu pemain lawan, tetapi akan sangat beresiko jika mereka gagal menutup / merebut bola dari tim lawan.

Penjagaan Satu Lawan Satu ( Man-To-Man Defence )


Pola pertahanan ini sangat mudah dalam sepak bola. Setiap pemain lawan yang masuk ke areanya maka akan ditempel ketat sehingga tidak akan memungkinkan pemain lawan tersebut untuk menerima atau mudah mengolah bola. Strategi ini biasanya digunakan untuk pemain kunci lawan. Bisa ditujukan kepada playmaker yang bertugas membagikan arah bola atau penyerang lawan yang memang harus dijaga secara ketat. 

Pola Pertahanan Permainan Sepak Bola

Pemain bertahan biasanya diberikan arahan oleh manajer mereka untuk menjaga satu orang yang masuk ke daerah mereka. Jika ini dilakukan dengan benar akan membuat pemain lawan tersebut frustasi. Biasanya tidak semua pemain bertahan menerapkan pola pertahanan dalam sepak bola seperti ini hanya beberapa orang saja yang ditunjuk untuk menutup pergerakan pemain kunci lawan.

Pola Pertahanan Permainan Sepak Bola