-->

Rules Fitness - Pola Latihan Kebugaran Jasmani Sepak Bola

Rules Fitness - Pola Latihan Kebugaran Jasmani Sepak Bola



Rules Fitness - Pola Latihan Kebugaran Jasmani Sepak Bola, dalam sepak bola sangat membutuhkan stamina yang prima. Untuk mendapatkan peningkatan kecepatan dan kekuatan diperlukan latihan khusus. Pergerakan badan di sepak bola yang biasa dilakukan adalah lari cepat, lari biasa dan melompat. Untuk mendapatkan kebugaran jasmani agar bisa melakukan pergerakan badan tersebut diperlukan pola latihan yang khusus seperti dibawah : 

1. Latihan Kecepatan ( Speed )

Untuk meningkatkan kecepatan gerak pemain sepak bola harus memperkuat otot-otot yang dipergunakan untuk lari, menggiring atau menggocek khususnya kaki. Teknik latihan ini bertujuan untuk memperlama kekuatan otot untuk menjaga stabilitas ). Latihan ini bisa dilakukan di gym atau dimanapun tempat yang memungkinkan. Untuk membangun otot kaki lakukan quad, leg press, hamstring curl dan abducor pulls. Sedangkan untuk membangun otot lengan lakukan tricep clip, shoulder press dan bicep curls
Baca juga : Pemanasan Dalam Sepak Bola
2. Latihan Koordinasi ( Coordination )

Pemain sepak bola harus bisa mengkoordinasikan penglihatan-otak-pergerakan dengan baik, hal ini berguna ketika mengoper bola dengan baik. Latihan yang cocok untuk koordinasi ketika mendapati situasi dilapangan dan langsung bereaksi dilapangan adalah dengan meningkatkan motorik badan. Latihan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik adalah dengan naik turun tangga.

3. Latihan Peregangan ( Streching )

Hampir setiap orang menghindari cidera baik saat bermain ataupun sedang latihan, untuk menghindari cidera perenganan harus dilakukan baik sebelum dan sesudah latihan. Dengan melakukan peregangan akan membuat otot menjadi elastis dan megurani resiko cidera

4. Latihan Daya Tahan Otot ( Mascular Endurance )

Membangun daya tahan otot secara keseluruhan sangatlah penting latihan di bagian tubuh tertentu sangatlah baik untuk menjaga kemampuan otot tersebut. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan atau menjaga daya tahan otot di daerah tertentu yang dirasa dibutuhkan. Latihan yang baik untuk daya tahan tubuh adalah berlari, mendayung, squat, sit up dan push up.

5. Latihan Meningkatkan Kekuatan ( Strength Training )

Kekuatan penting ketika adanya benturan fisik di lapangan. Untuk meningkatkan kekuatan, latihan beban sangat efektif. Tetapi khusunya pemain sepakbola tidak mengangkat beban berlebih, mereka lebih mengutamakan kecepatan.

Rules Fitness - Pola Latihan Kebugaran Jasmani Sepak Bola