-->

Teknik Tackling Dalam Sepak Bola

Teknik Tackling Dalam Sepak Bola



Teknik Tackling Dalam Sepak Bola, dalam sepak bola terdapat dua jenis tackling : sleeding tackling dan blocking tackling. Tujuan utama dari tackling adalah merebut bola dari  penguasaan lawan sehingga jalur serangan tim lawan terputus.

1. Block Tackle


Teknik block tackle berguna untuk menghentikan pergerakan lawan, baik memotong bola yang akan datang atau merebut langsung dari kaki lawan. Teknik blocking seperti ini harus dikuasai semua pemain yang bertugas merebut bola dari lawan. 


Faktor penting dalam melakukan block tackle adalah timing. Ketika pemain lawan kehilangan bola dikarenakan kontrol bola yang buruk atau tidak menjaga bola dengan baik, pemain mempunyai kesempatan untuk merembut bolanya.
Baca Juga : Teknik Penguasaan Bola Dalam Sepak Bola
Teknik untuk melakukan block tackle, kaki yang digunakan posisikan didepan dan lutut sedikit ditekuk untuk menjadi tumpuan, condongkan tubuh ke arah depan agar memusatkan tekanan pada tubuh bagian bawah. Dengan teknik ini harusnya pemain memenangkan block tackle. Dalam block tackle gunakan kaki bagian dalam, hindari menggunakan tempurung kaki atau jari untuk meminimalisir cidera. Mental sangat berpengaruh dalam block tackle, jangan ragu-ragu dalam melakukan tackle. Karena jika ragu, block tackle akan gagal merebut bola dan lebih parahnya bisa mengakibatkan resiko cidera karena ragu-ragu.

2. Sliding Tackle


Teknik ini merebut bola lawan dengan satu kaki menyusuri tanah. Sliding tackle sangat beresiko cidera bagi kedua belah pihak, jadi pemain harus berhati-hati dari sudut mana dia akan mengambil tackle. Perhatikan juga timing dalam sliding tackle, jika waktu tidak pas bisa saja pemain mencederai lawan dan mendapatkan kartu merah.
Baca Juga : Peraturan Kartu Merah Dalam Sepak Bola

Sliding tackle sangat efektif untuk menghentikan pergerakan lawan. Benturan dengan lawan sangat sering terjadi ketika terjadi mis-timing sehingga mendapatkan pelanggaran yang menguntungkan lawan dengan tendangan bebas bahkan pinalti jika lawan berada di kotak pinalti.

Teknik ini mempunyai resiko yang besar, jika terjadi sliding tackle tidak tepat sasaran atau lawan berhasil menggocek dan lepas akan beresiko lepas dari pengawalan beberapa saat dan itu sangat merugikan. 

Teknik Tackling Dalam Sepak Bola