-->

Teknik Menyundul Bola Dengan Baik dan Benar

Teknik Menyundul Bola Dengan Baik dan Benar



Teknik Menyundul Bola Dengan Baik dan Benar, perebutan bola diudara sering terjadi dilapangan tengah dan daerah bertahan lawan. Dalam hal ini pemain harus memiliki kemampuan untuk mengontrol bola dengan baik melalui kepala. Untuk mengarahkan bola secara akurat, para ahli menyarankan untuk menggunakan dahi bagian tengah. Penguasaan bola menggunakan kepala membutuhkan konsentrasi yang baik sehingga bisa membaca arah bola yang datang.
Baca juga : Latihan Dasar Permainan Sepak Bola
Teknik mengontrol kepala adalah dengan membungkukkan badan dan menekuk lutut. Seluruh badan digunakan sebagai tumpuan ketika menerima bola.


Kadang sering tergoda untuk menyundul bola kebawah tanah untuk mempercepat bola sampai ketanah, tapi biarkan secara natural bola sampai ketanah agar lebih mudah di kontrol ketika bola sampai ditanah.

Dalam penguasaan bola dengan kepala ada dua teknik yang sering digunakan. 'head control' seperti yang dijelaskan di atas dan 'attacking header' yang sebentar lagi akan dijelaskan. Teknik menyundul bola ini sering menciptakan gol yang spektakuler dan bahkan diingat semua penonton sepak bola. Masih ingat goal Robin Van Persie di FIFA World Cup 2014 yang di juluki 'Flying Dutchman' ? Tentunya gol tersebut menjadi gol terbaik karena dilakukan dari kotak pinalti bagian luar dan terkesan terbang. Otot yang digunakan untuk menyundul adalah leher dan punggung.

Teknik Menyundul Bola Dengan Baik dan Benar

Untuk menghindari cedera pastikan bagian tubuh rileks dan jangan kaku. Ketika menyundul pastikan untuk percaya diri sehingga mantap ketika menerima bola datang dan keras dalam melakukan sundulan.

Tujuan utama teknik menyundul adalah memenangkan bola di udara. Teknik menyundul merupakan salah satu cara terbaik untuk mencetak gol dan memberikan umpan ke kawan. Jika tidak menguasai teknik ini atau kalah dalam duel di udara bisa jadi memberikan peluang tim lawan untuk merebut bola dan membuat peluang menyetak gol.

Teknik Menyundul Bola Dengan Baik dan Benar