-->

Teknik Penguasaan Bola Dengan Baik dan Benar

Teknik Penguasaan Bola Dengan Baik dan Benar

Teknik Penguasaan Bola Dengan Baik dan Benar, hal penting dalam sepak bola adalah penguasan bola, jika pemain tidak menguasai teknik ini maka akan sering kehilangan bola dan memudahkan musuh untuk mencuri bola yang bisa bisa membahayakan daerah pertahanan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penguasaan bola adalah :
  1. Ketika menerima bola, sentuhan pertama harus dijaga dari pergerakan lawan, jangan sampai lawan mendapat kesempatan untuk mencuri bola.
  2. Pemain yang mendapatkan bola harus membawa ke daerah yang terbuka agar bisa memberikan umpan kepada tim untuk menjaga tempo.
Penguasaan bola yang paling sering adalah menggunakan kaki. Semua posisi dalam tim harus mampu menguasai bole dari kaki ke kaki. Jika penerima bola yang buruk akan memudahkan musuh untuk merebut dan bahayanya jika dilakukan oleh pemain bertahan maka akan menjadi lubang besar dalam tim.
Baca Juga : Teknik Penguasaan Bola Dengan Kaki
Hal yang fundalmental dalam penguasaan bola adalah menjaga bola tetap dalam jangkauan kaki, ketika menerima bola dengan kepala, dada dan paha pastikan untuk mendistribusikan ke kaki dengan baik.
Baca Juga : Teknik Penguasaan Bola Dengan Kepala
Ketika menerima bola atas dalam penguasaan yang paling stabil adalah menggunakan dada. Dada bisa mendistribusikan ke kaki dan selanjutnya bisa mengatur laju bola baik mau menggiring atau mengumpan ke kawan.
Baca Juga : Teknik Penguasaan Bola Dengan Dada
 Dalam penguasaan bola, hampir setiap seluruh badan diperkenankan kecuali lengan dan tangan. Hal ini disesuaikan dengan jangkauan arah datangnya bola, setiap pemain wajib untuk menguasai hal ini. Karena dalam daerah pertahanan mereka wajib untuk mejaga daerahnya masing-masing. Untuk umpan tanggung pemain bisa menggunakan paha untuk menahan bola.
Baca Juga : Teknik Penguasaan Bola Dengan Paha
Pemain kadang menerima bola dari atas, tengah dan bawah kemudian mendistribusikan bola ke pemain lain. Tetapi dalam penjagaan tak jarang pemain lawan menempel ketat untuk berusaha mencuri bola yang sedang dijaga.
Baca Juga : Teknik Menjaga Bola Dengan Baik dan Benar
Dalam menjaga bola membutuhkan kekuatan mental seperti konsentrasi dan kepercayaan diri yang tinggi. Ketenangan dan tidak buru-buru dalam setiap keputusan juga menjadi pertimbangan. Jika pemain tidak tenang dan ragu-ragu akan membuat keputusan yang terburu-buru dan hal ini akan dimanfaatkan tim lawan untuk merebut bola.

Pemula biasanya mengalami kesulitan ketika dalam penguasaan bola, mereka bisa menendang dan menggiring tetapi begitu mudahnya kehilangan bola. Untuk permasalahan tersebut akan diberikan solusi dalam studi kasus sebagai berikut :
  • Masalah 1 : Sering kehilangan bola dan salah membaca arah bola
    Solusi  :  Terus berlatih menerima bola dengan posisi dan jarak yang berbeda.
  • Masalah 2 : Ragu-ragu dalam memilih tubuh bagian mana dalam penguasaan bola
    Solusi : Gunakan feeling akan dimana jatuhnya bola, terus berlatih untuk membiasakan menerima bola dengan tubuh bagian atas
  • Masalah 3 : Mendapatkan bola diluar jangkauan dan mengharuskan mengejar bola
    Solusi : Pemain harus tetap tenang dan berlatih dengan mengatur posisi dimana letak jatuhnya bola sehingga bola berada dalam jangkauan
  • Masalah 4 : Bola tepat mengarah kebadan tetapi memantul dan kehilangan bola
    Solusi : Pemain harus tetap tenang, posisi badan relax tidak kaku dan berlatih untuk mengontrol bola dengan semua bagian tubuh.

Teknik Penguasaan Bola Dengan Baik dan Benar