-->

Peran Wasit Dalam Permaian Sepak Bola

Peran Wasit Dalam Permaian Sepak Bola


Peran Wasit Dalam Permaian Sepak Bola, seorang penegak hukum di lapangan yang bertugas untuk menjaga suasana tetap kondusif dan sportif itulah tugas seorang wasit. Sosok yang penuh kritik dalam apapun tindakannya. Tugas seorang wasit cukuplah sulit, harus mengawasi 22 orang di lapangan dengan luas sekitar 110 x 65 meter. 

Tugasnya cukup diperingan dengan dibantu oleh 2 asisten wasit / hakim garis yang berada di sisi luar garis lapangan yang bersebrangan dan satu wasit cadangan yang berada di luar lapangan yang terugas untuk menginformasikan pergantian pemain dan waktu tambahan jika waktu akan berakhir.
Baca juga : Peran Asisten Wasit / Hakim Garis Dalam Permainan Sepak Bola
Dalam sebuah permainan sepak bola, tensi tinggi dan emosi akan meluap disemua pihak yang menonton, baik itu pemain, manager, pelatih dan penonton akan bergairah untuk mendukung tim idolanya masing-masing. Seorang wasit harus bersikap profesional dengan bersikap netral tanpa memihak siapapun. Dalam menegakkan peraturan wasit juga berhak memberikan peringatan dengan kartu kuning atau mengeluarkan pemain dengan kartu merah jika pemain tersebut tidak sportif, melakukan pelanggaran keras, melakukan tidakan rasisme dan berbagai hal yang tidak pantas.
Baca juga : Peraturan Kartu Kuning dan Kartu Merah Dalam Sepak Bola
Selain tugas tertulis seorang wasit, wasit juga berhak untuk menghentikan permainan jika dirasa mengganggu permaian, seperti hujan, kabut akibat petasan, ulah rusuh penonton dan lain sebagainya.

Peran Wasit Dalam Permaian Sepak Bola