-->

Teknik Menggiring Bola Dengan Baik dan Benar

Teknik Menggiring Bola Dengan Baik dan Benar

Teknik Menggiring Bola Dengan Baik dan Benar, Menggiring (dribbling ) merupakan keahlian dalam mengolah si kulit bundar. Menggiring bisa menggunakan kaki, paha, dada bahkan kepala. Salah satu hal yang diajarkan paling mendasar dalam permainan sepak bola adalah menggiring. Menggiring adalah proses distribusi dari daerah pertahanan ke daerah lawan selain dari umpan. Seorang pemain yang mempunyai teknik menggiring yang baik, merupakan aset sebuah tim dan biasanya memiliki harga transfer yang tinggi.

Menggiring biasanya digunakan dalam kondisi menyerang. Tim yang mengendalikan permainan adalah yang bisa menguasai bola lebih lama dari tim lawan. Teknik menggiring yang baik bisa melewati beberapa pemain dan membuat peluang untuk mencetak gol. Pemain yang menggiring bola harus waspada terhadap tackle / sleeding dan hati-hati jika bola dicuri oleh tim lawan.
Baca juga : Teknik Tackling Dalam Permainan Sepak Bola
Dasar menggiring dalam sepak bola adalah mendorong kecil bola didepan dengan menendang kecil-kecil. Latihan dasar yang sering dilakukan untuk bisa menggiring adalah dengan mengatur kecepatan. Gunakan kaki yang paling kuat untuk mendorong bola dan tetap berlatih menggunakan dua kaki. Gunakan aral lintang untuk melatih belokan dalam menggiring, hal ini berguna untuk bisa melewati musuh dengan cepat.

Teknik Menggiring Bola Dengan Baik dan Benar

Resiko dari menggiring yang terlalu lama adalah direbut dari lawan dengan berbagai cara. Tackling, body charge bahkan menjurus pelanggaran. Perhatikan situasi, jika memang dalam kondisi ruang terbuka percepat gerakan dengan mendendang sedikit jauh bola agar bisa berlari lebih kencang. Apabila dalam kondisi tertutup oleh penjagaan tim lawan, lakukan tendangan kecil untuk melakukan penguasaan bola sebelum memutuskan untuk melewati pemain lawan atau mengumpan kepada teman.

Pemain sepak bola termahal biasanya memiliki teknik menggiring yang baik, mereka bisa melewati dua, tiga bahkan lebih dalam sekali pergerakan. Kecepatan menggiring bola memang penting, tetapi kemampuan melihat situasi lebih penting. Hal ini dikarenakan banyak pemain yang merasa bisa menggiring bola dengan baik memaksakan diri untuk melewati pemain bertahan lawan dan gagal padahal beberapa teman mereka telah membuka ruang dan siap menerima umpan dan berpeluang lebih besar untuk mencetak gol

Teknik Menggiring Bola Dengan Baik dan Benar